Terima kasih kami ucapkan kepada semua yang sudah berpartisipasi mengirimkan tulisan ke BLog Cerpen, Baik karya sendiri maupun artikel dari sumber lain. Mohon maaf kepada yang kiriman tulisannya belum bisa kami muat dikarenakan keterbatasan waktu...!!!

Apa yang kamu cari? Temukan disini

Seekor Kera di atas pohon kelapa

Ini adalah cerita motivasi yang bisa kita ambil hikmah dan pelajarannya.

Suatu hari ada seekor kera yang sedang asyik bertengger di atas dahan pohon kelapa. Kera itu memang sehari-hari hidup bergelantungan di pohon kelapa tersebut. Orang -orang yang melihatnya sangat takjub pada kera itu. Bukan tanpa alasan, melainkan karna di wilayah tersebut, saat ini sedang musim hujan dan badai sering sekali menerjang.

Namun kera itu sangatlah kuat. Ia sama sekali tidak pernah terjatuh sekalipun dari dahan pohon kelapa itu meski angin bertiup sangat kencang, bahkan badai menderu dengan lebatnya. Kera itu tetap kuat bertahan di atas dahan pohon kelapa. Sungguh luar biasa kekuatan kera itu. Begitu pikir penduduk desa tersebut dan juga binatang lainnya yang setiap hari melihat kera itu dari bawah pohon.

Akhirnya, musim hujanpun berhenti. Bergantilah dengan musim semi yang indah. Angin yang sudah tidak sekencang saat musim hujan dan badai, membuat semua makhluk senang berada di luar menikmati hembusannya yang lembut dan sepoi-sepoi.

Tapi, tak disangka, tiba-tiba terdengarlah suara keras "BOOOM" seperti benda berat terjatuh dari ketinggian. Ya, itulah si kera yang hidupnya bertengger di atas dahan pohon kelapa. Ia terjatuh. Lho koq bisa? Untungnya dahan pohon kelapa itu memang tidak terlalu tinggi, sehingga si kera masih selamat.Kura-kura yang menyaksikan dari bawah, menghampiri kera yang terjatuh dan sedang merintih kesakitan.
Kura-kurapun bertanya.

"Hai kera, apa gerangan yang membuatmu terjatuh? Aku heran. Sejak musim hujan dan badai kemarin. Kau terlihat sangat kuat dan tidak pernah jatuh sekalipun badai menerjang dengan kerasnya. Mengapa tiba-tiba sekarang kau terjatuh di saat tidak ada angin kencang?" Tanya si Kura-kura penasaran.

Kerapun menjawab. "Iya kura, tadi aku sedang menikmati semilir angin sepoi-sepoi yang sangat membuatku merasa nyaman. Tanpa sadar aku mengantuk dan peganganku terlepas dari dahan. Makanya aku jatuh. Sedangkan saat badai kemarin kan aku berpegangan dengan sangat kuat, sehingga aku tidak terjatuh." Begitu penjelasan si Kera.

Begitulah kisah kera yang hidup di dahan pohon. Hikmah dan pelajaran yang dapat kita simpulkan adalah. Dalam hidup ini terkadang manusia lebih kuat dan teguh pada iman dan pendirian ketika Allah mengujinya dengan kesulitan ataupun permasalahan-permasalahn hidup yang sehari-hari dihadapi. Namun, ketika Allah menguji manusia dengan kehidupan nyaman, harta berlimpah, kondisi yang serba ada dan baik disekelilingnya, manusia justru lalai dan terkesan kurang bersyukur.

Itulah kawan, mengapa Allah terkadang memberi kita ujian berupa kesulitan daripada kenyamanan. Padahal jika kita sadari, kenyamanan yang Allah berikan adalah juga ujian bagi kita. Bagaimana kita menghadapinya. Apakah banyak bersyukur atau lalai. 

Semoga Allah selalu melindungi kita dari sifat kikir dan kurang bersyukur. Aamiin....

No comments: